Bersama Masyarakat, Lantas dan Pemdes Benahi Jalan Berlubang

BELOPA---Dibantu masyarakat setempat, Satuan Lalulintas Polres Luwu dan Pemerintah Desa Karang-Karangan membenahi jalan berlubang di beberapa titik di jalan poros Provinsi di Kecamatan Bua, Minggu, (1/3) tadi.

Pembenahan ini dengan cara menutupi lubang di sepanjang jalan di Desa Karang-Karangan hingga Desa Puti dengan material sirtu atau pasir campur batu yang telah dicampur semen.

Kasat Lantas Polres Luwu, AKP, Muhammadi Muhtari, mengatakan, kontur jalan yang berlubang, rawan menimbulkan kecelakaan lalulintas.

Untuk itu kata dia,  pihaknya bersama masyarakat dan jajaran Polsek Bua, pemerintah desa setempat berinisiatif, menutup lubang dengan campuran beton.

"Materialnya diperoleh dari sumbangan masyarakat, kemudian kita bergotongroyong, menutup semua lubang, dengan coran semen," kata Muhtari.

Diakui Kasat Lantas, jika penimbunan jalan berlubang yang mereka lalukan, memang tidak akan bertahan lama, namun diharapkan bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan.

"Sambil menunggu perbaikan jalan dari Instansi terkait, kita tambal dulu dengan alat seadanya," ujarnya.

Kepala Desa Karang-Karangan, Asbar, menyampaikan terima kasih kepada pihak Polres Luwu yang sudah turun membantu melakukan penimbunan jalan berlubang di kampung mereka.

"Ini adalah aksi kemanusiaan kami bersama Lantas dan Polsek Bua serta masyarakat setempat. Sepanjang jalan poros di Desa Karang-Karangan dan Desa Lengkong banyak jalan berlubang" ujarnya.

"Kondisi jalan ini sudah banyak menelan korban bahkan sudah ada korban yang meninggal. Saya sebagai pemerintah desa dan masyarakat setempat merasa hawatir, jika dibiarkan terus seperti ini akan banyak menelan korban jiwa" katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Penjabat, (Pj) Sekda Luwu, Ridwan Tumbalolo, kepada Kliknews.id, menyampaikan jika kondisi jalan poros di Kecamatan Bua sudah disampaikan ke Balai Besar Jalan Nasional dan Pemprov Sulsel

"Mereka berjanji akan melakukan perbaikan lanjutan jalan poros di Luwu tahun ini, salah satu titiknya di Kecamatan Bua. Saya lihat pihak balai sudah melakukan foto pesawat dan pengukuran, semoga tahun ini dikerja secepatnya," ujarnya

Untuk diketahui, korban akibat jalan berlubang di Kecamatan Bua sudah puluhan orang. Bahkan, Sabtu malam baru-baru ini satu korban dikabarkan meninggal dunia akibat terjatuh dari motor setelah kendaraannya menginjaklubang di jalan poros.(Che)
Share on Google Plus

0 comments:

Post a Comment