Di Kaladi , Bupati Pesta Panen Hingga Resmikan Tempat Wisata

BELOPA---Di Desa Kaladi Darussalam Kecamatan Suli Barat, Bupati Luwu beserta sejumlah pejabat Pemkab Luwu, mengawali kunjungan kerjanya ke lapangan di awal tahun 2020 disaat waktu libur.

Daerah yang terkenal akan keindahan alamnya ini, Bupati Luwu, H. Basmin Mattayang, melakukan sejumlah kegiatan, mulai dari menghadiri acara pesta panen yang diselenggarakan warga.

Hingga meresmikan meresmikan salah satu lokasi wisata air terjuan, meresmikan kantor PLN dan menyerahkan bantuan 25 unit rumah kepada warga setempat.

"Baru saja saya bersama beberapa pejabat Pemkab Luwu, ada Kadis Pertanian, Kepala BPMD, Sekretaris Perhubungan, melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Suli Barat. Kami manfaatkan waktu libur untuk melihat situasi di lapangan sekaligus bersilaturrahmi dengan warga," ujarnya.

"Ada beberapa kegiatan yang kami hadiri dan lakukan. Mulai menghadiri acara pesta panen, membuka turnamen voly, menyerahkan bantuan 25 unit rumah hasil program bedah rumah, meresmikan kantor PLN dan juga meresmikan tempat wisata air terjun sekaligus kami menikmatinya, alam wisata di Kaladi Darussalam," lanjutnya.

Dirinya bersyukur pesta panen dilaksanakan oleh warga Desa Kaladi Darussalam. Ini menandakan berkah yang luar biasa dirasakan oleh masyarakat Luwu sekaligus mengungkapkan rasa syukur mereka.

"Ini sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita semua sehingga panen cengkeh masyarakat desa Kaladi Darussalam hasilnya memuaskan" katanya.

"Dan saya berharap bukan hanya produksi cengkeh saja yang dikembangkan tapi masyarakat harus jeli melihat potensi-potensi lain yang bisa jadi tambahan mata pencaharian, misalnya mencoba melakukan produksi gula aren," tambahnya.

Disebutkan Bupati Luwu dua periode ini, Kecamatan Suli Barat dan Kecamatan Suli pada umumnya terkenal dengan hasil bumi gula aren.

Sehingga dirinya mendorong warga setempat untuk mengembangkan komoditi ini. Pemerintah berjanji akan membantu pemasarannya. "Kita mulai pemasaran dari lingkup keluarga ASN di Luwu, mari teman-teman ASN beli gula aren asli Luwu," serunya.

Dalam kesempatan ini, dirinya juga meresmikan Kantor PLN dan menyerahkan ke masyarakat hasil dari program bantuan bedah rumah.

"Ini rumah warga yang diperbaiki oleh pemerintah. Dari kondisi tidak layak huni menjadi layak huni. Awalnya dinding dan atap bocor perbaiki sehingga kondisinya jauh lebih baik, lebih aman," ujarnya.

"Saya berharap melalui program ini hidup warga lebih aman dan tenang. Insha Allah, program ini akan terus berjalan dan menyentuh warga lainnya," tambahnya.

Selanjutnya, bersama rombongan menggunakan kendaraan roda dua, motor jenis trail, Basmin Mattayang, menuju lokasi objek wisata air terjun Kaladi Darussalam.

"Objek wisata air terjun Kaladi Darussalam akan menjadi perhatian pemerintah. Sesuai instruksi Bapak Presiden untuk mengembangkan potensi wistaa di daerah. Dan khusus di Luwu kita akan mengawalinya dengan perbaikan akses menuju lokasi wisata," ujarnya.

Menurut Bupati Luwu, perbaikan akses jalan ke sejumlah tempat wisata di Luwu sudah dimulai sejak tahun 2019 dan akan berlanjut pada tahun 2020 hingga rampung di tahun-tahun selanjutnya.(che)
Share on Google Plus

0 comments:

Post a Comment